Pendidikan Profesi Ners

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi khususnya mengenai Kurikulum;  Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi; serta Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI), maka sangat perlu bagi perguruan tinggi pengelola pendidikan profesi ners dalam upaya penyusunan kurikulum yang merujuk pada SN-DIKTI dan KKNI.

Capaian pembelajaran yang harus dipenuhi oleh lulusan program pendidikan profesi ners sesuai dengan KKNI level 7 (tujuh) terdiri atas empat komponen, yaitu komponen sikap, kemampuan kerja umum dan khusus, penguasaan pengetahuan, serta kewenangan dan tanggungjawab. Untuk komponen sikap dan kemampuan kerja umum mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang merupakan capaian pembelajaran yang bersifat umum untuk seluruh lulusan pendidikan tinggi di Indonesia. Sedangkan untuk komponen penguasaan pengetahuan, kemampuan kerja khusus, kewenangan dan tanggungjawab mengacu pada KKNI level 7 (tujuh) bidang keperawatan yang telah disepakati oleh tim penyusun KKNI pendidikan tinggi yang melibatkan organisasi PPNI dan AIPNI.

Pendidikan Profesi Ners diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki jenjang kualifikasi 7 (level 7) sebagai berikut:

  1. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi secara komprehensif kerjanya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi.
  2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan monodisipliner.
  3. Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh di semua aspek yang berada di bawah tanggung jawab bidang keahliannya.