TEAM BASED LEARNING MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

  • Vitaria Wahyu Astuti
  • Suprihatin .
  • Erawati .

Abstract

Perubahan Paradigma model pembelajaran dari Teacher Center Learning menjadi Student Center Learning menjadikan semua intitusi pendidikan dapat memilih dan mengaplikasikan model pembelajaran aktif kepada mahasiswanya. Team Based Learning (TBL) merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran khususnya pada bidang kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengembangan model pembelajaran TBL dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa semester I prodi Keperawatan Diploma III. Variable independen yaitu pengembangan pembelajaran TBL sedangkan variabel dependen adalah motivasi belajar. Hasil didapatkan bahwa model pembelajaran TBL dapat meningkatkan motivasi, ditunjukkan dengan hasil positive ranks terjadi peningktan motivasi pada 14 mahasiswa, hasil uji statistik menggunakan Wilcoxon didapatkan nilai p=0,000 atau α <0,05. Kesimpulan terdapat pengaruh pengembangan model pembelajaran TBL dengan motivasi belajar mahasiswa prodi Keperawatan Diploma III Semester I.

 

 Kata kunci: Model Pembelajaran, TBL, Motivasi

Published
2018-03-27
Section
Penelitian